700 Juta Pengguna dan Telegram Premium

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
700 Juta Pengguna dan Telegram Premium

Telegram telah mencapai peringkat kelima teratas sebagai aplikasi yang diunduh terbanyak di dunia dan sekarang memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif tiap bulan. Pertumbuhan ini berkat dukungan serta rekomendasi pengguna pribadi karena selama ini Telegram tidak pernah mengeluarkan biaya untuk iklan apapun.

Telegram yang terus bergerak secepat roket. Banyak pengguna yang sudah menyampaikan keinginan mereka untuk mendukung tim kami. Hari ini kami meluncurkan Premium Telegram Premium, layanan berlangganan sebagai bentuk dukungan Anda terhadap pengembangan Telegram yang terus berkelanjutan dan memberikan akses untuk fitur tambahan eksklusif.

Hal ini membantu kami untuk menawarkan semua fitur yang sudah diajukan oleh pengguna selama bertahun-tahun, sambil menjaga akses gratis ke layanan paling kuat di planet ini.

Premium Telegram Premium

Dengan berlangganan Telegram Premium, pengguna dapat menikmati layanan limit dua kali lipat, mengunggah berkas hingga 4GB, unduh lebih cepat, stiker eksklusif dan reaksi, manajemen obrolan yang ditingkatkan dan masih banyak lagi.

Pada saat yang sama, fitur tersedia yang sudah digunakan oleh pengguna selama nyaris satu dekade akan tetap gratis. Selain itu, pengguna non-premium akan dapat menikmati beberapa manfaat Premium, misalnya mengunduh berkas ekstra besar dan melihat stiker yang dikirim oleh pengguna premium, serta ketuk untuk memberikan reaksi premium yang telah ditambahkan ke pesan.

Kontribusi dari pelanggan premium akan membantu Telegram dalam meningkatkan layanan aplikasi untuk beberapa dekade ke depan, sementara Telegram akan tetap bebas, mandiri dan menjunjung tinggi nilai utama pengguna, di mana perusahaan teknologi harus beroperasi.

Premium Unggahan 4GB

Semua pengguna dapat mengunggah berkas dan media berukuran besar, masing-masing hingga 4 GB dan menikmati Penyimpanan Awan Telegram dengan gratis. Dengan Telegram Premium, pelanggan akan dapat mengirim berkas berukuran 4 GB, cukup untuk video 1080p berdurasi 4 jam atau video berkualitas tinggi yang berdurasi 18 hari.

Semua pengguna Telegram dapat mengunduh dokumen ekstra besar ini, tidak peduli apabila mereka berlangganan Telegram Premium atau tidak.

Premium Pengunduhan Lebih Cepat

Pelanggan Premium juga akan dapat mengunduh media dan berkas dengan kecepatan tertinggi. Anda dapat mengakses semuanya di penyimpanan awan secepat koneksi internet Anda.

Premium Limit Dua Kali Lipat

Pengguna Premium mendapatkan limit tambahan untuk hampir segalanya di aplikasi. Dengan Premium, Anda dapat mengikuti hingga 1.000 channel, membuat hingga 20 folder obrolan masing-masing dengan maksimum 200 obrolan, menambah akun keempat di aplikasi Telegram apapun, menyemat 10 obrolan dalam daftar obrolan utama, dan menyimpan hingga 10 stiker favorit.

Limit Dua Kali Lipat untuk semuanya

Anda juga dapat menulis bio yang lebih panjang dan menyisipkan tautan di dalamnya. Sama halnya, Premium juga memungkinkan penambahan karakter lebih banyak di keterangan media. Mencari cara untuk merespon pesan juga lebih mudah berkat 400 GIF favorit. Terakhir, pengguna Premium juga dapat memiliki hingga 20 tautan publik t.me sehingga setiap grup dan channel Anda dapat mempunyai tautan singkat dan padat.

Premium Transkripsi Audio

Pesan suara sekarang dapat diubah menjadi teks apabila Anda tidak tertarik mendengarkannya, tetapi ingin tahu isinya. Anda juga dapat memberi penilaian untuk membantu mengembangkan fitur baru ini.

Premium Stiker Unik

Sejumlah besar stiker sekarang memiliki animasi layar penuh yang menakjubkan, yang dapat dikirim pengguna Premium dalam obrolan apapun untuk memeriahkan suasana dan efek ekspresi yang terlihat bagi semua pengguna. Koleksi stiker premium akan diperbarui setiap bulan oleh kreator stiker Telegram.

Anda dapat mencari Stiker Premium dalam semua set Anda di bagian khusus dalam panel stiker Anda, di bawah 'Terakhir Digunakan'.

Premium Reaksi Unik

Pengguna Premium juga dapat menikmati beraneka cara untuk bereaksi pada pesan dengan lebih dari 10 emoji baru seperti 👌😍❤️‍🔥💯 ( dan emoji favorit terbaru 🤡🌭🐳).

Premium Manajemen Obrolan

Telegram Premium sekarang menyediakan fungsi untuk mengelola daftar obrolan, seperti mengubah folder obrolan utama sehingga aplikasi Anda selalu terbuka dalam tampilan folder khusus atau misalnya Belum Dibaca daripada Semua Obrolan.

Untuk mengubah folder utama Anda, tekan dan tahan folder dalam daftar obrolan > Atur ulang > dan geser folder tersebut ke slot pertama.

Selain itu, di pengaturan Privasi dan Keamanan, pelanggan dapat mengaktifkan fitur untuk mengarsipkan dan senyapkan obrolan baru, yang akan membuat tampilan obrolan Anda menjadi lebih rapi di tengah hiruk pikuknya percakapan.

Premium Foto Profil Beranimasi

Video Profil pelanggan Premium akan tampak bergerak bagi semua pengguna aplikasi, termasuk dalam obrolan dan daftar obrolan. Pamerkan rupa baru dan kreativitas Anda dengan sebuah animasi berulang yang unik.

Premium Lambang Premium

Semua pengguna premium mendapat emblem khusus Premium yang muncul di sebelah nama mereka pada di daftar obrolan, header obrolan dan daftar anggota di grup yang menunjukkan bahwa mereka telah memberikan dukungan untuk Telegram dan menjadi bagian dari kelompok pertama yang mendapatkan fitur baru.

Premium Ikon Aplikasi Premium

Pengguna premium akan dapat menambahkan ikon aplikasi baru ke Layar Beranda atau wallpaper sesuai selera mereka. Pilih salah satunya dari bentuk bintang premium, langit malam atau pesawat turbo. Di luar itu, semua pengguna juga akan dapat mengenakan sebuah logo emas.

Ikon aplikasi premium

Premium Tanpa Iklan

Di beberapa negara, Pesan Sponsor akan ditampilkan dalam channel publik yang besar. Iklan minimalis yang menghargai privasi ini membantu menutup biaya pengoperasian Telegram, tetapi tidak akan muncul bagi pelanggan Telegram Premium.

Dengan berlangganan Telegram Premium, Anda membantu menutup biaya yang dikeluarkan Telegram untuk menyediakan fitur-fitur premium ini dan juga mendukung versi gratis Telegram bagi semuanya.

Peningkatan bagi Semuanya

Di satu sisi, kami memang merilis banyak fitur menarik bagi pelanggan Premium. Namun di sisi lain, kami akan tetap menerapkan fitur gratis bagi semuanya, jauh lebih cepat daripada aplikasi raksasa lainnya. Pembaruan kali ini salah satu contohnya. Sekarang, Anda dapat mengaktifkan fitur permintaan masuk untuk grup publik dan menikmati layar beranimasi saat berbagi dari luar Telegram. Deskripsi bot juga telah ditingkatkan, dan masih banyak fitur lainnya yang kami belum sempat sebut di sini.

Permintaan Masuk untuk Grup Publik

Sekarang grup publik dapat mengaktifkan fitur permintaan masuk yang memungkinkan admin grup untuk meninjau anggota baru sebelum mereka diizinkan mengirim pesan. Pengguna yang membuka grup dapat mengetuk Minta Izin Masuk untuk ditambahkan ke daftar yang hanya admin dapat lihat.

Permintaan Masuk Ke Grup Publik

Admin dapat menjangkau pengguna yang ingin bergabung dan mengobrol tentang peraturan grup, memastikan bahwa mereka cocok, atau bahkan menyiapkan pesta kedatangan. Saat seorang admin menjangkau seorang pengguna, Telegram akan memberitahu penggunanya bahwa mereka sedang dijangkau oleh grup admin.

Pemilik grup publik dapat mengaktifkan permintaan masuk via Info Grup > Edit > Tipe Grup > Siapa yang Dapat Mengirim Pesan > pilih Hanya Anggota > aktifkan Setujui Anggota Baru.

Emblem Terverifikasi dalam Obrolan

Figur dan organisasi publik dapat memverifikasi grup, channel, atau bot mereka untuk mendapatkan Emblem Terverifikasi yang menunjukkan bahwa mereka adalah sumber terpercaya. Emblem ini tampak di profil, hasil pencarian, daftar obrolan, dan juga di atas halaman obrolan terkait. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengonfirmasi sumber suatu pesan.

Apabila Anda terverifikasi di paling tidak dua media sosial, Anda dapat memverifikasi grup, channel, atau bot Anda.

Bot Lebih Baik

Bot di Telegram kini dapat membawa Anda ke situs web, menerima pembayaran dan bahkan mengganti sebuah situs web secara menyeluruh. Pengembang bot dapat sekarang memuat foto dan video dalam bagian “Apa yang bot ini dapat lakukan?” untuk memamerkan fitur bot mereka.

Apa yang bot ini dapat lakukan?

Bot yang terintegrasi ke dalam menu Lampiran dapat sekarang berfungsi tidak hanya dalam obrolan langsung, tetapi juga dalam grup dan channel.

Bot API gratis dan terbuka, tersedia untuk semua pengguna. Jika Anda ingin mengembangkan bot Anda sendiri, cek halaman ini.

Peningkatkan Pratinjau Obrolan di Android

Pembaruan ini juga membawa peningkatan pratinjau obrolan ke Android setara dengan iOS. Sekarang Anda dapat menggulir dan membaca seluruh percakapan tanpa perlu menandainya sudah dibaca. Berbagai tombol baru juga telah ditambah untuk memungkinkan Anda menandai suatu obrolan sudah dibaca, membuat senyap, menyematkan atau menghapus.

Untuk melihat pratinjau obrolan, cukup tekan dan tahan foto profilnya di dalam daftar obrolan.

Penyimpanan Otomatis ke Galeri di Android

Opsi ini untuk menyimpan media ke galeri secara otomatis dengan suasana baru: penyimpanan media sekarang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara terpisah untuk masing-masing obrolan dengan pengguna, grup, atau channel.

Simpan ke Galeri Otomatis

Peningkatan Fitur Berbagi Eksternal di iOS

Dengan kemampuan untuk mengirim berkas hingga 2 GB (atau 4 GB), pengguna dapat dengan mudah membagikan berkas media berukuran besar langsung dari aplikasi lain ke Telegram di semua platform ponsel. Hal ini menghemat waktu dan ruang penyimpanan, karena Anda tidak perlu lagi menyimpan berkasnya sebelum mengirim di Telegram.

Ketika membagikan berkas berukuran besar dari aplikasi lain di iOS, Anda sekarang dapat menyaksikan bar progres animasi untuk mengetahui apabila terdapat cukup waktu untuk bermain game atau membuat kopi.

Stiker dan Foto Emoji Profil di macOS

Pengguna macOS sekarang dapat dengan cepat membuat foto profil khusus. Pilih sebuah stiker atau emoji beranimasi dan tambahkan latar gradasi kaya warna. Setelah itu, Anda dapat memasangnya sebagai foto profil Anda atau sebagai foto grup atau channel. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk membuat ikon obrolan bertema tanpa perlu mencari gambar yang cocok.

Untuk membuat foto seperti ini, buka Pengaturan atau Info Obrolan, klik Edit > klik Foto Profil > pilih Stiker atau Emoji.

Lebih Cepat dan Kuat

Pembaruan ini termasuk 100 perbaikan dan optimisasi untuk aplikasi ponsel dan desktop: perbaikan bugs, peningkatan kecepatan dan penambahan fitur minor. Pengguna iPhone dan iPad terkini juga dapat menikmati animasi yang lebih mulus (120 FPS). Sementara itu, pengguna Android dapat menikmati peningkatan kualitas pesan suara dan video bersama dengan opsi untuk memakai ikon aplikasi alternatif, membersihkan stiker terkini secara instan, dan menerjemahkan bio pengguna atau deskripsi obrolan

Semua perubahan ini akan dirilis secara perlahan. Jika Anda masih belum melihat pembaruan ini, mohon tunggu sebentar.

Terima Kasih

Hari ini merupakan hari penting dalam sejarah Telegram, menandai awal era baru dan memulai langkah untuk monetisasi yang berkelanjutan di Telegram. Kami percaya bahwa pengembangan Telegram harus didorong oleh penggunanya, bukan pengiklan. Dengan demikian, pengguna akan selalu menjadi prioritas utama kami.


19 Juni 2022
Tim Telegram

Info Lain

Истории от групп и ещё 8 нововведений

Общение в группах в Telegram выходит на новый уровень — представляем 9 революционных нововведений для групповых чатов. Теперь группы могут публиковать истории и сохранять такие публикации…
29 Feb 2024

Избранное 2.0, одноразовые голосовые сообщения и ещё 8 нововведений

В январе в Telegram появились 10 нововведений, в том числе масштабное обновление Избранного, одноразовые голосовые и видеосообщения, отметки…
31 Jan 2024

Красочные звонки, анимация удаления и грандиозное обновление платформы ботов

В десятом обновлении Telegram за 2023 год добавлены улучшения для звонков — красочный новый дизайн и экономный расход заряда батареи, —…
31 Des 2023

Оформление каналов, репосты из каналов в истории и другие нововведения

Теперь каналы могут устанавливать обои, эмодзи-статусы и логотипы профиля, а пользователи — репостить публикации каналов в истории; Telegram…
23 Des 2023